Bisnis  

Perusahaan yang Modalnya Diperoleh Dari Penjualan Saham Disebut?

Perusahaan yang Modalnya Diperoleh Dari Penjualan Saham Disebut

Catatanbuku.com – Perusahaan yang modalnya diperoleh dari penjualan saham disebut? Membuat Perusahaan atau bisnis bisa di bilang tidak mudah. Karena kamu harus tahu dulu apa saja jenis-jenis perusahaan yang ada di Indonesia. Salah satu jenis perusahaan yang ada di Indonesia adalah perusahaan yang modalnya di peroleh dari penjualan saham. Lalu apa yang di maksud dengan perusahaan tersebut? Untuk mengetahui lebih jelasnya bisa simak artikel ini sampai selesai.

Apa itu Perseroan Terbatas (PT) ?

PT (Perseoran Terbatas) adalah sebuah badan usaha legal yang berbadan hukum yang modalnya di kumpulkan dari berbagai saham. Setiap pemiliknya mempunyai bagian dari banyaknya lembar saham yang dimiliki oleh investor. Bisa dikatakan, jawaban dari perusahaan yang modalnya di dapatkan dari penjualan saham adalah perseroan terbatas atau PT.

Untuk bisa mendirikan PT, harus ada minimal 2 orang atau lebih yang melakukan kesepakatan yang di sahkan oleh notaris untuk membuat sebuah perusahaan. Notaris akan membuatkan akta perusahaan yang juga harus di sahkan oleh Kementrian Hukum dan HAM.

Ciri-ciri Perusahan Perseroan Terbatas (PT)

Setiap perusahaan pastinya memiliki ciri-ciri tertentu, baik itu yang khusus maupun yang umum. Ada beberapa ciri-ciri dari perusahaan Perseroan Terbatas (PT) yang perlu diketahui. Di bawah adalah ciri-cirinya:

  1. Perseroan Terbatas tidak mendapatkan fasilitas apapun dari negara.
  2. Perseroan Terbatas didirikan untuk mencari keuntungan dan memiliki dua fungsi, yakni fungsi ekonomi dan fungsi komersial.
  3. Setiap pemegang saham dalam Perseroan Terbatas memiliki tanggung jawab atas perusahaan sebanyak modal yang sudah ditanamkan dalam perusahaan.
  4. Pembagian keuntungan saham dalam Perseroan Terbatas akan dibagi dalam bentuk dividen.
  5. Kekuasaan tertinggi dalam perusahaan Perseroan Terbatas akan ditentukan melalui RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham.

Sebenarnya masih ada banyak lagi ciri-ciri dari PT (Perseroan Terbatas), tapi dari lima point di atas adalah ciri yang paling mudah untuk Anda mengidentifikasi perusahaan PT.

Jenis-Jenis Perseroan Terbatas

Ada 6 jenis perseroan terbatas yang memiliki keunikan tersendiri. Lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1 Perseroan Terbatas Terbuka

Perseroan Terbatas Terbuka adalah sebuah perusahaan yang sudah IPO atau Initial Public Offering. Artinya sistem penyetoran modal yang ada di dalam perusahaan bisa dilakukan oleh masyarakat umum. Jenis PT ini akan menjual saham mereka ke masyarakat luas melalui pasar modal. Contoh Perseroan Terbatas adalah perusahaan dari sektor perbankang BCA (BBCA) dan perusahaan Telekomunikasi TELKOM INDONESIA (TLKM).

2 Perseroan Terbatas Tertutup

Jenis perseroan ini sangat berbeda dengan perseroan terbatas terbuka, karena jenis perusahaan ini tidak melakukan jual beli saham untuk masyarakat umum. Modal dari perseroan terbatas tertutup ini melalui keluarga dan kerabat.

3 Perseroan Terbatas Kosong

Perseroan terbatas kosong ini adalah perusahaan yang sudah memiliki ijin-ijin tapi belum ada kegiatan yang dilakukan untuk perusahaan.

4 Perseroan Terbatas Perseorangan

Jenis perseroan terbatas perseorangan ini adalah perusahaan yang semua sahamnya hanya dimiliki dan dipegang oleh satu orang saja. Orang tersebut juga memiliki peran sebagai Direktur perusahaan dan menguasai RUPS.

5 Perseroan Terbatas Domestik

Perseroan ini adalah perusahaan yang melakukan kegiatan operasional perusahaan dalam negeri, serta aturan yang digunakan juga berlaku dalam negeri.

6 Perseroan Terbatas Asing

Jenis perseroan terbatas yang terakhir adalah sebuah perusahaan yang melakukan kegiatan operasional perusahaan di negara lain. Aturan yang di terapkan akan menyesuaikan dengan negara yang di tempati oleh PT itu berdiri.

Demikianlah info yang kami bagikan mengenai apa perusahaan yang modalnya diperoleh dari penjualan saham?. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.