Beranda Puasa Niat puasa Ayyamul Bidh, Keutamaan beserta Manfaatnya

Niat puasa Ayyamul Bidh, Keutamaan beserta Manfaatnya

Niat puasa Ayyamul Bidh

Niat puasa Ayyamul Bidh – Puasa Ayyamul Bidh bulan Desember 2019 akan jatuh pada hari selasa (10/12), rabau (11/12) kamis (12/12). Seperti apakah Niat Puasa Ayyamul Bidh? dan apa keutamaan serta manfaatnya?

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa yang dilakukan pada setiap pertengahan bulan Hijriah yang di dasarkan pada kalender Qomariah. Puasa ayyamul bidh ini dilaksanakan hanya selama tiga hari saja setiap pertengahan bulan, yaitu 13,14 dan 15 pada bulan Hijriah, kecuali hari tasyrik pada 13 Dhzulhijjah.

Puasa ayyamul bidh juga dikenal sebagai puasa putih. Hal ini karena pada tanggal 13,14 dan 15 bulan yang sedang terang benderang menuju purnama sehingga nampak putih. Ya jadinya dikenal dengan istilah puasa putih.

Berikut ini adalah niat puasa ayyamul bidh dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta’ala.

Artinya: “Saya niat puasa ayyamul bidh, sunnah karena Allah Ta’ala”.

Hukum puasa ayyamul bidh bagi umat islam ini adalah sunnah. Puasa Ayyamul Bidh ini juga memiliki beberapa keutamaan, diantaranya adalah pahalanya sama seperti orang berpuasa satu tahun penuh jika dilaksanakan setiap bulan.

Para ahli puasa juga akan mendapatkan pintu khusus untuk masuk ke surga pada saat di akhirat nanti. Ahli puasa tersebut akan masuk melalui pintu Ar-Rayyan, termasuk orang-orang yang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh.

Manfaat Puasa Ayyamul Bidh

Berikut adalah manfaat dari puasa ayyamul bidh:

1. Mengurangi lemak

Puasa ayyamul bidh ini memiliki manfaat untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Karena dengan kita berpuasa, energi di dalam tubuh dihasilkan dari pembakaran sisa glukosa dalam tubuh kita. Jadi selain kita mendapatkan pahala, dengan berpuasa juga bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

2. Detoksifikasi Tubuh

Selain mengurangi lemak, puasa ayyamul bidh juga bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh atau bisa disebut juga dengan proses pembuangan racun. Racun akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat, urine, atau pada saat kita buang air besar. Maka tubuhpun akan sehat dengan terbuangnya racun-racun yang ada di dalam tubuh kita.

3. Mengistirahatkan Saluran Pencernaan

Semala kita melaksanakan puasa, maka saluran pencernaan kita beristirahaat sejenak. Dan setelahnya kita berbuka puasa, maka saluran pencernaan bisa bekerja lebih optimal lagi.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dengan berpuasa, maka sistem imunitas tubuh kita akan meningkat. Nah agar sistem imunitas bisa meningkat, maka dianjurkan untuk makan makanan yang bergizi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai niat puasa ayyamul bidh yang kami bagikan untuk anda semua. Semoga bermanfaat!