Beranda Kuliner 10+ Makanan Khas Banyumas Paling Maknyus

10+ Makanan Khas Banyumas Paling Maknyus

10+ Makanan Khas Banyumas Paling Maknyus

Makanan Khas Banyumas – Banyuamas merupakan daerah yang terletak di Jawa Tengah dan memiliki beberapa makanan khas banyumasan dengan cita rasa yang lezat dan disukai oleh para wisatawan dosmetik.

Jika kamu adalah seorang penikmat wisata kuliner dan lagi sedang mencari beberapa referensi makanan Indonesia yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Berikut beberapa makanan khas banyumas paling makyos dan lezat:

1. Mendoan

mendoan

Makanan khas yang bisa ditemukan di daerah Banyumas adalah Mendoan anget. Jenis makanan ini merupakan makanan yang populer di Indonesia dan bukan hanya populer di Banyumas saja.

2. Gethuk Goreng

Gethuk goreng

Makanan khas banyuams selanjutnya adalah gethuk goreng. Makanan khas ini sangat populer dan hanya bisa di temukan di daerah Banyumas.

Gethuk goreng ini menjadi primadona di Banyumas. Kamu bisa menemukan makanan ini sebagai salah satu makanan khas Banyumasan yang terbuat dari bahan-bahan seperti singkong, gula jawa dan bahan lainnya.

3. Intil

Intil
intil

Makanan bernama Intil ini dibuat dari bahan ketela pohon. Cara membuat makanan ini juga terbilang mudah, yaitu hanya dengan menggunakan parutan singkong halus dengan proses lanjutan hasil pemerasan parutan singkong tersebut dan dicampur dengan gula merah dan beberapa bumbu tambahan lainnya yang membuat makanan ini semakin nikmat rasanya.

4. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja
soto sokaraja

Soto sokaraja adalah salah satu makanan khas banyumas yang cukup populer dan rasanya juga enak dan lezat.

Soto ini memiliki ciri-ciri yang berbeda daripada soto lainnya. Selain warna kuah kuning yang sama dengan soto lainnya. Soto sokaraja ini disajikan dengan menggunakan ketupat dan sambal kacang yang membuatna berbeda dari yang lain.

5. Nopia Banyumas

nopia makanan khas banyumas
kue nopia

Makanan selanjutnya yang bisa kamu temukan di daerah banyumas adalah Nopia. Bentuk dari makanan ini lonjong dan berwarna putih dari luar yang di dalamnya berisi gula merah, tapi beberap nopia dalamnya juga di isi dengan varian sepert coklat, kacang ijo, pandan dan durian.

6. Kraca Khas Banyumas

photo: cookpad.com

Kraca adalah salah satu makanan yang harus kamu coba ketika sedang berkunjung ke Banyumas.

Kraca adalah makanan yang berbahan keong kecil, yang di masak dengan menggunakan bumbu khas Banyumas seperti bawan, merica, pala dan garam yang di tambah bumbu-bumbu lainnya untuk menonjolkan citarasa berbeda dari makanan lainnya.

7. Lanting khas Banyumas

lanting

Makanan khas berikutnya adalah lanting. Lanting merupakan makanan khas dari banyumas yang cukup populer. Makanan ini juga sudah banyak ditemukan di daerah lain di Indonesia dan menjadi salah satu makanan khas dari daerah tersebut.

Bentuk dari makanan yang satu ini seperti angka delapan atau lingkaran-lingkaran kecil. Makanan lanting terbuat dari singkong dan memiliki rasa yang asin dan sangat gurih.

8. Kripik Tempe khas Banyumas

kripik tempe

Salah satu oleh-oleh lainnya yang bisa kamu dapatkan dari Banyumas adalah kripik tempe.

Kripik khas Banyumas ini memiliki cita rasa yang berbeda dari kripik tempe lainnya. Makanan ini memmpunyai rasa yang gurih enak renyah!