Beranda Lagu Daerah 15 Lagu Daerah Riau Lengkap Beserta Maknanya

15 Lagu Daerah Riau Lengkap Beserta Maknanya

15 Lagu Daerah Riau Lengkap Beserta Maknanya

Lagu Daerah Riau – Disini catatanbuku akan memberikan kumpulan lagu tradisional asal Riau lengkap beserta lirik dan maknanya.

Riau merupakan sebuah nama provinsi yang berada di pulau Sumatera, yang mana di apit oleh beberapa Provinsi seperti Sumbar, Jambi dan juga beberapa jumlah kota besar Pekanbaru.

Kekayaan budaya yang ada disana, membuat provinsi ini diselimuti oleh berbagai macam kebudayaan yang sangat bervariasi, dan tentu ada yang paling menonjol yaitu lagu Melayu Riau.

Ada juga salah satu judul lagu daerah riau yang sangat terkenal luas yaitu Zapin (Laksamana Raja di Laut). Tentu kalian semua sudah mengenal lagu ini kan? Lagu yang sering dibawakan oleh beberapa penyanyi papan atas Indonesia.

Bukan hanya itu saja lho, karena masih ada banyak lagi lagu tradisional Indonesia asal Riau yang sudah booming pada sejak dulu. Tentunya lagu-lagu tersebut terus dinyanyikan sampai saat ini baik itu pada acara perayaan adat atau lainnya.

Kumpulan Lagu Daerah Riau Terpopuler

Berikut ini akan saya ulas beberapa lirik lagu daerah riau lengkap dengan maknanya.

1. Zapin

Siapa sih yang tak kenal dengan lagu Zapin ini? Sebuah lagu yang sangat populer dan pernah dibawakan oleh Iyeth Bustami ini menjadi lagu tradisional terpopuler asal Riau.

Lagu Zapin ini menceritakan tentang begitu indahnya lantunan lagu-lagu Melayu yang dari sejak dulu sudah terbukti kualitasnya. Bik itu dari segi musik hingga lirik lagu.

Lagu zapin laksamana raja di laut ini sangat populer di kawasan Asia terutama di masyarakat Melayu.

Lagu ini diciptakan oleh Pak Ngah yang berasal dari negeri Malaysia. Jika penasaran berikut lirik lagu Zapin:

Zapin……, aku dendangkan..


Lagu Melayu..
Pelipur hati……
Peli..pur lara…


Cahaya manis, kilau gemilau
Di kamtung Tapir, indah menawan
Aku bernyanyi berzapin riang
Moga hadirin, aduhai sayang jadi terkesan


Kembanglah goyang atas kepala
Lipatlah panan, sanggul di padu
Kita berdendang bersuka ria
Lagulah zapin aduhai sayang, rentak Melayu


Laksmana raja di laut
Bersemayam di bukit batu
Ahai hati siapa, ahai tak terpaut
Mendengar lagu zapin Melayu


Laksmana raja di laut
Bersemayam di bukit batu
Ahai hati siapa, ahai tak terpaut
Mendengar lagu zapin Melayu


Membawa tepak, hantaran belanja
Bertatah perak indah berseri
Kami bertandak menghidup budaya
Tidak Melayu, aduhai sayang hilang di bumi


Pekinglah gambus sayang, langgam berbunyi
Di sambut dengan tengkah meruas
Saya menyanyi sampai disini
Mudah-mudahan hadirin semua menjadi puas


Laksmana raja di laut
Bersemayam di bukit batu
Ahai hati siapa, ahai tak terpaut
Mendengar lagu zapin Melayu


Laksmana raja di laut
Bersemayam di bukit batu
Ahai hati siapa, ahai tak terpaut
Mendengar lagu zapin Melayu


2. Lagu Daerah Riau Soleram

Lagu Tradisional Riau selanjutnya ini juga menjadi salah satu lagu Riau yang paling populer diantara lagu Riau lainnya. Lagu yang satu ini termasuk kedalam lagu nasihat. Meskipun lirik lagu dari Soleram pendek, tapi memiliki makna yang begitu dalam.

Lagu yang satu ini menceritakan tentang nasihat seorang Ibu kepada sanga anak agar tidak pernah meninggalkan teman lama meskipun sudah mempunyai teman baru lebih banyak.

Berikut ini adalah lirik lagu Soleram asal Riau:

Soleram
Soleram
Anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merah lah pipinya


Satu dua
Tiga dan empat
Lima enam
Tujuh delapan
Kalau tuan dapat kawan baru sayang
Kawan lama ditinggalkan jangan


3. Pantai Solop

Kata Solop dalam lagu ini diambil dari sebuah nama wisata yang populer dan favorit di Riau tepatnya di Kabupaten Indragiri Hilir.

Lagu ini bercerita tentang bagaimana keindahan dari pantai Solop beserta pohon-pohon bakau yang ada disekitarannya. Bukan hanya itu, keindahan pasir putih dan keramahan penduduk dalam memperlakukan pra wisatawan.

Berikut lirik lagu Pantai Solop:

Terkuak indah alam membentang


di rantau bumi sri gemilang
pulau Cawan aduhai negeri Mandah
Pantai Solop berbilang pesona


Pasirnye… kilau kemilau
serpihan kulit satwa lautnye
Bermain ombak aduhai tercerlah bakau
Terhampar putih eloknye bagai permate…


Nuanse alamnye bagai surgawi…
membawe teduh suasane hati…
Kicauan burung nyanyian sunyi
Pantai soloooop… rahmat ilahi


Penduduknye ramah juge berbudi…
Pancaran budaya khasanah negri…


Lestarikanlah… warisan ini…
Pantai solooop…., solooop….,solooop….
Pantai sejati…


Nuanse alamnye bagai surgawi…
membawe teduh suasane hati…
Kicauan burung nyanyian sunyi
Pantai soloooop… rahmat ilahi


Penduduknye ramah juge berbudi…
Pancaran budaya khasanah negri…


Lestarikanlah… warisan ini…
Pantai solooop…., solooop….,solooop….
Pantai sejati…


4. Pak Ngah Balek

Lagu ini bercerita tentang seorang pemimpin yang jujur dalam mengarahkan masyarakatnya, dan mampu untuk menjaga adat dan juga budaya yang datang dari luar.

Berikut lirik lagu Pak Ngah Balek asal Riau:

Tetak dahan sikayu bulat ..
Dibawa orang dari sempadan
Pulau bintan pulau penyengat ahai…
Bagaikan bunga kembang setaman 2x


Hai pak ngah balek
bulan mengambang….
Pak ngah balek hari dah siang 2x


Orang berlayar pulau penyengat..
membawa kundur berkaki-kaki
Pemimpin jujur mendapat berkat ahai…
doa dan syukur pada Illahi 2x


Hai pak ngah balek bulan mengambang….
Pak ngah balek hari dah siang


Lebat bunge berbatang-batang
Untuk di rangkai diatas piring
Adat lembaga sama dipegang
Bagai pengantin duduk bersanding 2x


Hai pak ngah balek
bulan mengambang….
Pak ngah balek hari dah siang 4x


5. Hang Tuah

Lirik lagu Hang Tuah ini bercerit tentang puja dan juga puji terhadap seorang laksamana yang bernama Hang Tuah. Di dalam lagu ini juga menceritakan bagaimana kepmimpinan dari laksamana tersebut. Berikut lirik lagu Hang Tuah:

Dang merdu bunda berjasa
Melahirkan putra perkasa
Hang tuah laksmana satria
Teladan negeri dan bangsa


Dari bintan kepulauan riau
Kaum baktimu kesegenap rantau
Walau kini kau telah tiada
Fatwamu tiadakan sirna


Tuah sakti hamba negeri
Resah hilang 2 terbilang
Patah tumbuh Hilang kan berganti
Takan melayu hilang di bumi


Engkau susun jari 10
Mengatur sembah duduk bersimpuh
Halus budi resah melayu
Hang tuah ho…ho hang tuah.


6. Lagu Daerah Riau Lancang Kuning

Lagu daerah Riau selanjutnya memiliki judul Lancang Kuning. Lagu yang satu ini pernah dipopulerkan oleh Boy Sndy, yaitu seorang penyanyi yang memiliki suara emas asal Sumatera.

Lagu Lancang Kuning ini menceritakan tentng sebuah kepercayaan mistis masyarakat Riau pada jaman dahulu. Dan Lancang Kuning sendiri adalah sebuah nama kapal, tapi tak terlihat.

Berikut lirik lagu Lancang Kuning dari Riau:

Lancang kuning
Lancang kuning belayar malam
Belayar malam…


Lancang kuning
Lancang kuning belayar malam
Hai belayar malam…


Haluan menuju
Haluan menuju ke laut dalam…
Haluan menuju
Haluan menuju ke laut dalam…


Lancang kuning belayar malam…2X


Kalau nakhoda
Kalau nakhoda kuranglah faham
Kuranglah faham…


Kalau nakhoda
Kalau nakhoda kuranglah faham
Hai kuranglah faham…


Alamatlah kapal
Alamatlah kapal akan tenggelam…
Alamatlah kapal
Alamatlah kapal akan tenggelam…


Lancang kuning belayar malam…2X


Lancang kuning
Lancang kuning menentang badai
Menentang badai…


Lancang kuning
Lancang kuning menentang badai
Hai menentang badai…


Tali kemudi
Tali kemudi berpilit tiga…
Tali kemudi
Tali kemudi berpilit tiga…


Lancang kuning belayar malam…2X


7. Selayang Pandang

Lagu tradisional populer berikutnya ini bernuansa kegembiraan, keceriaan yang dibarengi dengan musik kencang dan dinamis. Lagu Selayang Pandang jug termasuk lagu nasihat buat membalas budi dari kebaikan seseorang.

Berikut lirik dari lagu Selayang Pandang Riau:

Lama sudah tidak ke ladang
Tinggi rumput dari lah lalang
Lama tak kupandang
Hatiku bimbang


Layang-layang selayang pandang
Hati di dalam rasa bergoncang
Jangan ragu dan jangan bimbang
Ini lagu selayang pandang


Manis sungguh kelapa tuan
Tidak tuan kelapa bali
Kalau tak tuan
Siapa lagi


Layang-layang selayang pandang
Hati di dalam rasa bergoncang
Jangan ragu dan jangan bimbang
Ini lagu selayang pandang


Pisang emas bawa berlayar
Masak sebiji di atas peti
Hutang lah emas boleh dibayar
Hutang lah budi dibawa mati


Layang-layang selayang pandang
Hati di dalam rasa bergoncang
Jangan ragu dan jangan bimbang
Ini lagu selayang pandang


Manis sungguh tebu seberang
Dari akar sampai ke pucuk
Manisnya sungguh mulutnya orang
Hati menangis jadi terbujuk.


8. Kasih dan Budi

Lagu Kasih dan Budi ini sangat kental dengan nuansa nasihat serta petuah dari nenek moyang. Yang mana lagu ini mengajak kepada semua pendengarnya agar selalu senantiasa berbudi baik, berperilaku terpuji dan juga selalu menghargai semua orang.

Beriktu lirik lagu Kasih dan Budi dari daerah Riau:

Kalau menebang kalau menebang
Si pohon jati
Papan di jawa dibelah belah
Papan di jawa dibelah belah


Kalaulah hidup kalaulah hidup Tidak berbudi
Umpama pokok Tidak berbuah
Aduhai sayang tidak berbuah


Bunga selasih bunga selasih
Si bunga padi
Tumbuhlah mekar
Didalam taman
Tumbuhlah mekar didlm taman


Pertama kasih pertama kasih
Kedua budi
yang mana satu nk kuturutkan
aduhai sayang nk kuturutkan


bungalah padi bungalah padi
bunga kiambang
buat hiasan ditaman bunga
buat hiasan ditaman bunga


buahlah hati buahlah hati
kekasih orang
hamba menumpang gembira saje
aduhai sayang gembira saje


tenanglah tenang tenanglah tenang
air dilaut
hai sampan kole mudik ketanjung
hai sampan kole mudik ketanjung


hati terkenang hati terkenang
mulut menyebut
budi yang baik saye nak junjung
aduhai sayang saye nak junjung.


9. Kampung Halaman

Lagu berikutnya bercerita tentang seseorang yang lagi sedang merantau dan ia sangat merindukan kampung halamannya yang jauh disana. Ia menggambarkan keindahan dan jugaa keasrian dari desanya melalui lirik lagu Kampung Halaman ini.

Berikut adalah lirik lagu Kampung Halaman asal Riau:

Kemuliaan ciptaan Tuhan
Sungguhlah indah kampung halaman
Sungai dan bakau luas terbentang
Menghias desa indah dipandang


Walau pun jauh diri berada
Takkan terlupa sepanjang masa
Kampung yang kucinta kampung yang kupuja
Kampung halamanku Desa Bokor


Puk amai-amai belalang kupu-kupu
Penduduk ramai bermacam-macam suku
Bang selebu kuala sawe
Mari bersatu membangun adat budaya


Sungai dan bakau luas terbentang
Menghias desa indah dipandang


Walau pun jauh diri berada
Takkan terlupa sepanjang masa
Kampung yang kucinta kampung yang kupuja
Kampung halamanku Desa Bokor


Puk amai-amai belalang kupu-kupu
Penduduk ramai bermacam-macam suku
Bang selebu kuala sawe
Mari bersatu membangun adat budaya.


10. Lagu Daerah Riau Tambelan

Lagu adat riau berikutnya ini bercerita tentang pulau yang bernama Tambelan yang ada di Riau. Perlu kalian tahu kalau pulau yang satu ini sangatlah indah sehingga mendapatkan wisatawan begitu banyak setiap tahunnya. Berikut lirik lagu Tambelan dari riau:

Asal mulenye pulau tambelan
berasal dari pulau timbalan
asal mulenye pulau tambelan
konon dulunye pulau timbulan
hingge menjadi pulau tambelan


hingge menjadi pulau tambelan


Pulau tambelan pulau timbalan riau
pulau tambelan pulau timbalan riau
sudah termahsyur segenap negri
membuat orang ramai kemari
sudah termahsyur segenap negri
membuat orang ramai kemari


Asalmulenye negri terjadi
dari dipertuan sebuah negri
asalmulenye negri terjadi
dari dipertuan sebuah negri


Makenye sampai iye kemari
dengan tujuan membawa diri
makenye sampai iye kemari
dengan tujuan membawa diri


Abdullah muayatsyah name diberi
berasal dari johor negeri
abdullah muayatsyah name diberi
berasal dari johor negeri
atas kehendak takdir ilahi
sampai bermakam pule disini
atas kehendak takdir ilahi
sampai bermakam pule disini


Pulau tambelan pulau timbalan riau
pulau tambelan pulau timbalan riau
hasil lautnye banyak sekali
membuat orang ramai mencari
hasil lautnye banyak sekali
membuat orang ramai mencari


Pulau tambelan pulau timbalan
pulau tambelan timbalan riau
pulau tambelan pulau timbalan
pulau tambelan timbalan riau.


11. Pulau Bintan

Lagu daerah kepulauan riau yang satu ini menggambarkan keindahan dari pulau bintan, baik dari segi laut, pegunungan dan keramahan penduduk pulau tersebut. Bintan ini berletakan di kot tanjung pinang kepulauan riau.

Dibawah adalah lirik lagu Pulau Bintan dari Riau:

Ke mane ya’ si dare sibarang
Pulau lah Bintan .. ala sayang
Lautnya biru .. alahai adek
Pulau Penyengat .. ala sayang
Jelas melintang …


Hati ku bimbang .. ala sayang
Bertambah rindu .. alahai adek
Semakin diingat .. ala sayang
Semakin bimbang…


Hiu-hiu dilautan biru
Beranaklah due.. Ala sayang
Hatiku rindu…
Ape lah obatnye


Hiu-hiu dilautan biru
Beranaklah due.. Ala sayang
Hatiku rindu …
Apelah obetnye …


Pulau lah Bintan … ala sayang
Gunungnya tinggi … alahai adek
Tempat semayam … ala sayang
Pahlawan Melayu…


Sudah kutimbang … ala sayang
Didalam hati .. alahai adek
Tuan seorang … ala sayang
Penawar Rindu…


Hiu-hiu dilautan biru
Beranaklah due … ala sayang
Hatiku rindu …
Apelah obatnye …


Hiu-hiu dilautan biru
Beranaklah due … ala sayang
Hatiku rindu …
Apelah obatnye …


12. Lagu Daerah Riau Anak Igat

Cop, mike budak cingkelat
Main tak lepas ngelat
Dari pede kau kuumpat
Itu sebab aku ingat Engkau anak jahat


Whe awak tak tahu malu
Datang nak dekat lalu
Duduk lagi dekat aku
Mintak kawanlah awak
tu Belum aku mau


Is ape sebab meringis
Kirenye awak nangis
Mari dekat anak manis
Igat kite sudah finis
Kite kikis habis


Bia bia bia bia bia tahu rase
Seda seda seda seda sedalah hendaknya.


13. Kebangkitan Melayu

Lagu tradisional dari riau ini bercerita tentang ajakan dan juga himbauan kepada semua masyarakat suku melayu agar selalu senantiasa menjaga, melestarikan, melindungi budaya dan juga adat istiadat asli melayu.

Berikut dibwah ini adalah lirik lagu Kebangkitan Melayu:

Rumpun Budaya Negeri Melayu
Kaya Petuah Bijak Bestari
Bersama-sama Mari Bersatu
Tak kan Melayu Hilang Di Bumi


Santun Kata Mari Kita Wujudkan
Kebangkitan Negeri Di Negeri Tercinta
Budi Bahasa Seni Dan Budaya
Bangkitlah Melayu Di Negeri Di Bumi Tercinta


Resam Tradisi Bumi Melayu
Kota Bertuah Hai Pekanbaru
Bersama-sama Mari Bersatu
Tak kan Melayu Hilang Di Bumi


Santun Kata Mari Kita Wujudkan
Kebangkitan Melayu Di Negeri Tercinta
Budi Bahasa Seni Dan Budaya
Bangkitlah Melayu Di Negeri Tercinta.


14. Ocu Maantau

Lagu dari kepulauan riau ini bercerita tentang perpisahan seorang suami yang akan mengadu nasib ke negeri orang. Dengan lagu ini, si suami tersebut menyampaikan sebuha do’a keselamatan kepada sang anak dan istri.

Dibawah ini adalah sebuah lirik lagu Ocu Maantau:

Ocu maantau ka nagoghi ughang
Ocu tinggekan anak jo bini
Mangadu nosib kanagoghi ughang
Doakan ocu salamat di jalan


Adiok nan sayang ocu tinggekan
Jan la adiok manghaso come
Doakan ocu copek pulang
Doakan ocu salamat di jalan


Ocu maantau diok
Kanagoghi ughang
Elok-elok la kau di umah


Ocu maantau diok
Kanaghoghi ughang
Jan omuo kau lolok batandang


15. Agar Terbang Bawa Bersuluh

Suluh semarak cahya sejarah
Hampirpun padam ulah manusia
Karena helah lupalah sudah
Hikayat Hang Tuah hampirpun sirna Wahai
Agar terang bawa bersuluh


Beriak air di laut
Bintan menangis bersedih meratapi diri
Terisak sedih
Bintan menangis


Mambang bunian gunung Sri Bintan
Gundah gulana rindu menanti
Musim berganti beredar zaman
Paduka Hang Tuah belum kembali Wahai
Agar terang bawa bersuluh


Berhembus semilir angin ke
Utara tlah bertungkus lumus hikayat tlah pupus
Berhati pilu
Bintan tersedu


Usah ditanya siapa yang salah
Renung kembali diri sendiri
Putra Melayu usahlah resah
Legenda pusaka dikaji lagi Wahai
Agar terang bawa bersuluh


Sesal kemudian tiada berguna coba
simak lagi ceita semula Agar tak padam
Suluh sejarah.


Ketahui juga lirik lagu daerah jambi

Itulah informasi tentang kumpulan Lagu Daerah Riau lengkap dengan lirik dan makna dari lagu tradisional riau. Semoga dengan artikel diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terutama tentang lagu melayu dari kepulauan melayu.