Beranda Lagu Daerah Lagu Daerah Bali Beserta Makna di Baliknya

Lagu Daerah Bali Beserta Makna di Baliknya

Lagu Daerah Bali Beserta Makna di Baliknya

Lagu daerah Bali yang perlu kamu tahu

Dulu ketika belum ada smartphone, internet, tv dan hibura-hiburan elektronik lainnya, apa coba yang orang lakukan ketika mereka sedang bosah, gelisah dan resah?. Tentu jawabanya banyak. Namun dari sekian banyak hal yang dapat dilakukan, musiklah yang menjadi salah satu paling digemari.

Dulu banyak lagu atau nada yang berasal dari masyarakat masa lalu. Yang mana masyarakat tidak atau belum banyak mendengarkan deru mesin. Hanyalah angin, daun gugur, serta tawa anak-anak yang lagi bermain.

Lagu Daerah Bali dan Maknanya

Bali, sebelum menjadi titik pertemuan berbagai budaya. Bali sama saja seperti wilayah lainnya, yaitu damai dan lestari. Kondisi daerah tersebut terekam dalam sebuah nada dan irama. Lagu daerah bali beserta makna yang ada di baliknya dapat menjadi cermin. Berikut daftar lagu daerah asal bali:

1. Macepet-cepetan

Jani m’lati macepet-cepatan
Nanging limane tusing dadi matiang
Sejaba ento mekajang dadi
Nyenje kalah lakar gedhing


Lagu daerah bali yang pertama adalah macepet-cepetan. Lagu yang satu ini menceritakan penduduk daerah di Bali yang mana selalu cepat dan tegas dalam mengambil suatu tindakan.

Sesuai dengan judulnya, lagu ini dinyanyikan dengan nada yang cepat. Selain itu, tempo dari sebuah lagu ini juga sesuai dengan maknanya. Lagu ini disebut sebagai lagu tradisional bali yang menjadi penyemangat.

2. Tresna Mejohan

Setegeh langit sedalem pasih
Tresnan tiang ken beli
Tanpa beli hidup kerasa sepi
Yadiastun ejoh jarak dan waktu
Tiang tusing peduli


Tresna Mejohan adalah lagu tradisional bali yang menceritakan tentang seseorang yang lagi sedang kasmaran. Makna itu sesuai dengan lirik lagunya, setengeh langit sedalem pasih tresnan tiang ken beli, yang memiliki arti setinggi langit sedalam lautan cintaku padamu.

Jika kamu ingin mempersembahkan lagu kepada sang pujaan hati, mungkin dengan lagu tresna mejohan ini cocok untuk diberikan kepada pujaan hatimu.

3. Ratu Anom

Ratu anom metangi milen-ilen
Ratu anom metangi milen-ilen
Dong pirengrang munyin sulinge di jaba
Dong pirengrang munyin sulinge di jaba


Baca Juga: Lagu Daerah Papua

Lagu bali yang populer selanjutnya adalah ratu anom. Lagu ini bisa diartikan sebagai lagu mainan anak-anak. Lagu ratu anom sering dinyanyikan oleh anak-anak di bali, di lingkungan sekolah ataupun pada saat bermain.

4. Meyang Meyong

Meong meong
Alih je bikule
Bikul gede gede
Buin mokoh mokoh
Kereng pesan ngerusuhin


Meyang meyong adalah nama lagu daerah bali yang menjelaskan mengenai seekor kucing yang sedang mencari tikus. Lagu ini sangat cocok untuk anak-anak karena lirik dan juga maknanya yang sederhana sangat sesuai dengan anak-anak.

5. Putri Cening Ayu

Putri cening ayu ngijeng cening jumah
Meme luas malu kapeken meblanja
Apang ada darang nasi
Meme tiang ngiring nongos ngijeng jumah
Sambilan mangempu ajak titiang dadua
Ditekane nyen gapgapin


Baca Juga: Lagu Daerah Jambi

Lagu yang selanjutnya ini sangat relate dengan kehidupan sehari-hari kita. Lirik dan makna dari lagu ini juga sangat sederhana.

Lagu putri cening ayau mengisahkan seorang ibu yang hendak pergi berbelanja ke pasar. Ibu tersebut meminta anakanya untuk menjaga diri dan menunggu dirumah sampai dia datang.

6. Jangi Janger

Jangi janger sengsenge sengseng janger
Sengsenge sengseng janger
Serere nyomane nyore
Kelap kelap ngalap bunga
Langsing lanjar pamulune nyandat gading


Lagu jangi janger termasuk lagu bali populer. Jangi janger adalah lagu yang menggambarkan suka cita remaja putra dan putri.

Sesuai dengan maknanya, lagu ini seolah-olah menampilkan keceriaan dan semangat. Dengan mendengarkan lagu ini kamu pasti akan terbayang suasana hangat di pedesaan bali.

7. Lagu Daerah Bali Dadong Dauh

Dadong dauh ngelah siap putih
Suba metaluh reka
Minab ada limolas taluhne
Nangih lacur ada nak nepukin
Anak cerik cerik
Anak cerik cerik
Keliwat usil ipun


Lagu berbahasa bali selanjutnya adalah dadong dauh. Lagu ini adalah lagu yang mengisahkan seseorang nenek yang kehilangan telur-telurnya.

Lagu dadong dauh juga menceritakan kenakalan anak-anak sang nenek.

8. Juru Pencar

Juru pencar juru pencar
Mai jalan mencar ngejuk ebe
Be gede gede
Be gede gede
Di sawana ajakan liu


Lagu dari bali berikutnya menyiratkan bahawa kita harus menjalani dan memilih sebuah pekerjaan, kelak pada saat dewasa. Saat itu kita akan pergi kerja dengan niat mencari nafkah dan juga memenuhi kebutuhan hidup.

Selain itu lagu ini juga mengatakan bahwa kita kudu tetap bekerja meskipun suasana hati sedang tidak enak.

9. Ngusak Asik

Cai ketut dema i rusuh
Bas kaliwat cai ngawe sakit hati
Cah sing demen
Ngidih olas ketut pang enggal megedi


Lagu ngusak asik adalah sebuah lagu daerah bali populer yang mengisahkan percintaan. Lagu ini menceritakan seorang laki-laki dan seorang perempuan yang lagi sedang jatuh cinta. Jika kamu lagi jatuh cinta bolehlah mendengarkan lagu nusantara ini.

10. Lagu Daerah Bali “Tari Bali”

Sorak-sorai riuh rendah bunyi
Bermacam-macam bunyi tari ramai
Liwat gerbang dihias berpanjii
Mengendarai kereta kuda kencana


Sesuai dengan judul lagunya. Tari bali adalah nama lagu tradisional bali yang menceritakan keindahan tarian bali. Tarian bali adalah salah satu tari tradisional yang sangat terkenal di Indonesia.

Artikel Lainnya