Beranda Misteri Kisah Mistis Terowongan Kereta Api Ijo

Kisah Mistis Terowongan Kereta Api Ijo

Kisah Mistis Terowongan Kereta Api Ijo

Bagi orang yang sering berpergian keluar kota mungkin sudah tidak asing lagi dengan terowongan kerata api ijo. Terowongan ijo merupakan terowongan kereta api di daerah Daop 5 Purwokerto yang berlokasikan di sebelah timur stasiun Ijo. Tepatnya pada desa Bumiagung, kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen.

Informasi yang kami dapat terowongan ini memiliki panjang sekitar 580M dan dibangun oleh Staatsspoorwgen (SS) pada tahun 1885-1886 yang mana menembus perbukitan gunung kapur malang.

Terowongan ijo ini terkenal sebagai lokasi syuting film kereta api terakhir. Jika temen-temen pernah menonton film kereta api terakhir. Pastinya sudah tahu bagaiman sejarah dan kisah yang pernah terjadi di terowongan kereta api ijo ini.

Pembangunan terowongan ini dulu telah menelan banyak sekali korban jiwa karena memang dilakukan dengan sistem kerja paksa. Jika dilihat dari bentuk muka terowongan memiliki keunikan yaitu berupa dinding luar yang tidak rata, karena dinding tersebut tersusun dari batu kali yang disusun sangat rapih.

Pada ornamen mendatar diatas muka terowongan dibuat khas yaitu bergerigi dengan sebuah lekukan setengah badan. Meskipun usia terowongan tersebut sudah sangat tua, tapi untuk kontruksinya masih sangat kokoh.

Terowongan ini menjadi pilihan bagi railfans yang berburu kereta api masuk dan keluar dari terowongan. Tapi dengan adanya rencana pembangunan jalur ganda yaitu rute Kroya-Kutoarjo, maka dengan terpaksa terowongan ijo kemungkinan besar akan dinonaktifkan karena adanya rute baru untuk jalur ganda korya-kutoarjo yang akan dibangun disamping terowongan ijo dengan membelah bukit.

Meskipun demikian, terowongan ijo ini akan tetap dikenang dan masih tetap dipertahankan meskipun nantinya sudah tidak akan dilalui oleh kereta lagi dan mungkin akan dijadikan sebagai cagar budaya untuk mengenang perjuangan para rakyat pribumi yang telah menjadi korban kerja paksa oleh penjajah.

Kisah Mistis Terowongan Ijo #1

Dari cerita dan kabar yang sudah beredar. Konon disalah satu bantalan rel kereta api yang terdapat diperlintasan kereta dalah sebuah kuburan petugas kereta api pada masa itu. Petugas tersebut terkena bom pada saat berusaha memperbaiki rel kereta yang terkena bom belanda sebelumnya.

Terlepas dari kisah yang terdapat pada film kereta api terakhir. Ternyata cerita yang sudah beredar mengenai penampakan makhluk astral yang ada di daerah terowongan tersebut lebih menyeramkan dan membuat bulu kuduk beridir semua sob.

Cerita mistis yang pertama adalah tentang penampakan salah satu seorang petugas jaman DKA yang ada pada dinding mulut terowongan. Dikisahkan pada suatu malam, saat salah satu seorang petugas juru penilik jalur rel sedang bertugas memeriksa bantalan dan kunci penambat rel sepanjang petak tersebut, tiba-tiba dirirnya melihat sosok seorang petugas yang juga menggunakan seragam yang sama seperti digunakan oleh dirinya.

Pada saat petugas tersebut menghampiri sambil berjalan menyelusuri jalur rel, tiba-tiba sosok tersebut menyapa petugas tadi “tugas pak?”. Si petugas menjawab “iya pak” sambil menilik jalur rel. Sosok tersebut juga menjawan lagi “hati-hati mas”, “iya pak, mari pak” balas petugas tersebut.

Setelahnya berjalan beberapa meter dari tempat ia berpapasan dengan sosok tersebut, diriny baru menyadari meskipun pakaian yang mereka kenakan sama tapi logo yang terdapat di pakaian mereka itu berbeda. Dan setelah dirinya menengok kebelakang untuk mencari sosok tersebut ternyata sudah tidak ada siap-siapa.

Kisah Mistis Terowongan Kereta Api Ijo #2

Kisah mistis yang kedua datang dari beberapa pengalaman para masinis yang sedang membawa rangkaian kereta malam yang melintasi di terowongan tersebut. Dari para kisah yang beredar. Sering sekali para masinis diperlihatkan dengan sosok yang menyerupai pocong maupun sosok yang berkelibat melintas di depan kereta yang mereka bawa.

Selain dari sosok-sosok tersebut, ada juga yang pernah melihat sebuah keranda jenazah ditaruh di tengah jalur rel kereta. Tapi yang anehnya kata yang melihat saat kereta melintas, keranda jenazah tersebut hilang dengan sendirinya.

Bahkan ada juga yang diperlihatkan dengan keranda terbang. Selain keranda terbang ada juga yang melihat sebuah sosok orang sedang mengankut keranda jenazah berjalan di tengah rel kereta api pada tengah malam.

Di daerah tersebut memang banyak sekali korban jiwa yang meninggal dunia di area terowongan ijo. Dan menjadikan area tersebut sangat kental dengan suasana dan aura yang sangat mistis. Belum lagi ditambah dengan kabar dan cerita-cerita terdapatnya banyak sekali penampakan makhluk astral yang dikenal sebagai penghuni area tersebut. Konon ceritanya ditempat tersebut juga menjadi tempat untuk orng bunuh diri.

Nah itulah cerita mistis yang terdapat di terowongan ijo yang mana kami dapatkan dari berbagai sumber dan dari beberapa cerita para orang-orang disekitaran tersebut. Tap perlu diingat ya bagi temen-teman, bahwa kita itu tidak boleh takut dengan hal-hal kaya begituan. Karena takut itu hanya kepada Tuhan, jangan takut terhadapt hal-hal mistis seperti itu.