Beranda Akademik Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 Lengkap

Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 Lengkap

Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 Lengkap

Apakah anda lagi nyari Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020? Jika iya pas banget nih, karena dikesempatan kali ini admin akan memberikan informasi Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 lengkap berikut penjelasannya.

Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 Terlengkap

Sebelum ingin mendaftar UTBK dan SBMPTN 2020, anda perlu memperhatikan poin-poin penting berikut ini.

Registrasi Akun LTMPT

Langkah awal anda harus melakukan registrasi akun LTMPT. Mengapa begitu? Karena pada tahun ini LTMPT akan diterapkan yang namanya kebijakan Single Sign On (SSO). Artinya untuk setiap seluruh peserta diwajibkan untuk memiliki akun LTMPT. Nah untuk melakukan pendaftaran anda bisa langsung ke situs resmi portal.ltmpt.ac.id.

Sedangkan untuk pendaftaran akun LTMPT mulai dibuka mulai tanggal 7 Februari sampai tanggal 5 April 2020. Sebelum mendaftar ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui dan juga harus melengkapi beberapa persyaratan pendaftaran akun LTMPT, berikut hal yang perlu anda persiapkan:

  1. NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Ini merupakan kode pengenal identitas siswa yang memiliki sifat unik, satandar yang berlaku sampai sepanjang masa yang bisa membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah yang ada di Indonesia dan juga sekolah diluar negeri. Nomor Induk Siswa Nasional ini akan diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan juga terdaftar di Referensi Kemendikbud. Untuk mengecek NISN silahkan anda bisa langsung kunjungi situs resmi nisn.data.kemdikbud.go.id.
  2. NPSN (Nomor Poko Sekolah Nasional). NPSN ini adalah kode unik sebagai pengenal sekolah. Dan npsn berfungsi untuk membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya yang bersifat nasional, dan ditetapkan oleh pusat Data dan juga Statistik Pendidikan (PDSP). Lalau bagaimana caranya untuk bisa mengetahui NPSN? Silahkan anda kunjungi situs resmi kemendikbud, kemudian pilih menu Daftar Master Pendidikan lalu pilih “Pendidikan Dasar dan Menengah“, selanjutnya pilih “Provinsi” dimana sekolah anda berada. Kemudian anda dapat memilih kota, kabupaten hingga kecamatan.
  3. Data Tanggal Lahir
  4. Email. Jangan lupa sertakan juga email pribadi yang masih aktif, karena nanti beberapa informasi akan disampaikan melalui email yang anda daftarkan.

Pelaksanaan UTBK

Untuk semua peserta UTBK 2020 diwajibkan mengikuti tes sesuai hari, tanggal, sesi dan juga lokasi pusat UTBK PTN yang dipilih. Tes akan dilaksanakan dalam waktu 1 minggu dari hari senin sampai dengan hari minggu yang akan dimulai pada tanggal 20-26 April 2020.

Berikut tabel pelaksanaan UTBK:

Kelompok Ujian Jadwal Tes
SAINTEK / SOSHUM Sesi Pagi pukul 07.00 – 10.30

Sesi Siang pukul 12.30 – 16.15
CAMPURAN (SAINTEK & SOSHUM) Sesi Pagi pukul 07.00 – 11.45

Sesi Siang pukul 12.30 – 17.15

Pengumuman Hasil UTBK

Nah untuk hasil dari UTBK, akan diumumkan secarat serentak pada tanggal 12 Mei 2020 dan hasilnya bisa anda akses melalui situs resminya pengumuman-utbk-1.ltmpt.ac.id.

Pendaftaran SBMPTN

Sesudahnya anda mendapatkan pengumuman dari hasil UTBK, maka anda masih harus berjuang lagi untuk melewati SBMPTN. Tapi sebelumnya anda juga harus melakukan pendaftaran dulu. Berikut ini adalah caranya:

  1. Pertama anda perlu melakukan pendaftaran pada portal resmi LTMPTN
  2. Kemudian mengisi data
  3. Selanjutnya memilih paling banyak 2 PRODI dalam satu PTN atau untuk masing-masing PRODI 1 dalam 2 PTN
  4. Terakhir adalah mengunggah dokumen sesuai dengan persyaratan termasuk juga mengunggah portofolio untuk anda yang memilih program studi bidang seni dan olahraga.

Untuk kegiatan pendaftaran SBMPTN akan dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 13 Juni 2020.

Pengumuman Hasil SBPMPTN

Sedangkan untuk pengumu hasil seleksi SBMPTN 2020 akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2020 pada pukul 15.00 WIB.

Demikianlah Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 beserta beberapa tahapan yang harus anda lalui. Jadi anda bisa melakukan persiapan dari sekarang.