Beranda Agribisnis Harga Ikan Salmon

Harga Ikan Salmon

Daftar Harga Ikan Salmon Terbaru Dipasaran

Harga Ikan Salmon – Siapa coba yang tak kenal dengan ikan salmon? Salmon adalah jenis ikan yang banyak peminatnya, maka tidak heran kalau banyak yang memburu ikan salmon. Selain itu, harga ikan salmon juga tergolong mahal, hal ini karena memang permintaan pasar akan ikan salmon sangat tinggi.

Ikan salmon adalah jenis ikan konsumsi yang termasuk kedalam keluarga ikan salmonidae yang berasal dari perairan samudera pasafik dan samudera atlantik.

Jenis-Jenis Ikan Salmon

Jenis-Jenis Ikan Salmon

1. Ikan Salmon Raja (Salmon King)

Kalau di Indonesia jenis ikan ini sering disebut dengan nama ikan salmon raja. Memang karena memiliki ukuran yang bisa sangat besar dan juga sebagai spesies salmon king adalah jenis ikan salmon terbesar.

Ikan salmon sangat dikenal dengan memiliki tekstur dan rasa seperti mentega. Maka tak heran lagi kalau kandungan omega 3 dalam ikan salmon ini paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

2. Ikan Salmon Atlantik (Salmon Salar)

Jenis ikan salmon ini adalah ikan salmon yang berasal dari lautan atlantik utara dan salah satu jenis ikan salmon yang berasal dari perairan atlantik.

Tapi sayang, jenis salmon yang satu ini sudah sangat menurun. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya mulai dari pemburuan secara besar-besaran sampai faktor perubahan iklim.

3. Ikan Salmon Anjing (Dog Salmon)

Ikan salmon yang satu ini dinamakan salmon anjing karena pada saat pembuahan, salmon jantan akan mengembangkan gigi atau taringnya pada saat proses pembuahan.

Ikan salmon anjing memiliki ciri khas yaitu pada warna kulit yang berupa ungu pada bagian tubuhnya seperti luka lebam.

4. Ikan Salmon Pesisir

Jenis ikan salmon yang berikutnya ini berasal dari sungai kecil perairan dingin di samudera pasifik, pegunungan rocky, dan great basin dai amerika utara.

Ikan salmon pesisir memiliki perbedaan pada warnanya yaitu warna merah pada bagian rahang ikan.

5. Ikan Salmon Merah Muda

Meski memiliki nama ikan salmon merah muda, tapi untuk warna ikan ini tidaklah seperti itu. Nama tersebut didasarkan pada warna daging ikan salmon ini yang memang memiliki warna merah muda.

Ikan jenis ini memiliki ciri khas yaitu memiliki punuk yang cukup menonjol. Ikan salmon merah muda ini banyak ditemukan di lautan pasifik.

Banyak sekali yang menyukai dengan jenis ikan salmon merah muda ini, karena ikan ini memiliki rasa yang sangat gurih dan dagingnya empuk. Untuk masalah ketersediaan ikan salmon ini masih cukup berlimpah. Biasanya jenis ikan salmon ini dijadikan ikan kalengan atau dijadikan sebagai ikan asap.

6. Ikan Salmon Silver

Tentu kamu sering menjumpai ikan salmon ini dipasar, toko atau supermarket. Karena memang ikan salmon silver adalah jenis ikan salmon yang sagat populer, dan ketersediaan ikan yang sangat melimpah.

Satu ekor ikan salmon silver bisa memiliki bobot sampai 2,5 – 5,5 kilogram. Biasanya ikan salmon ini diolah menjadi daging ikan asap.

7. Ikan Salmon Merah

Ikan salmon merah atau red salmon sangat terkenal karena memiliki warna daging merah terang. Ikan salmon merah mengandung lemak tak jenuh dan omega 3 cukup tinggi serta sangat bagus untuk dkonsumsi.

8. Ikan Salmon Pelangi

Jenis ikan salmon terakhir ini terbilang cukup sulit untuk didapatkan. Di asalnya sendiri ikan ini juga sudah mulai langka yaitu di perairan Amerika Utara dan Samudera Pasifik Asia.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Salmon

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Salmon
  • Membantu Menurunkan Depresi
  • Sumber Kalsium yang Baik
  • Sangat Baik untuk Jantung
  • Baik untuk Kulit dan Rambut
  • Menunjang Perkembangan Otak

Daftar Harga Ikan Salmon Disemua Tempat

Harga Ikan Salmon di Giant

Di supermarket giant ikan salmon banyak di jajakan dan tentu harganya masih mahal daripada harga di pasar tradisional.

Yang membedakan harga ikan salmon adalah pada merek dan kemasan yang dipakai. Harga ikan salmon di giant di bandrol dengan harga Rp 300.000 per kilogramnya sedangkan untuk kemasan 100 gram dijual sekitaran Rp 31.000.

Harga Ikan Salmon di Superindo

Harga salmon kemasan di supermarket superindo untuk ukuran 100 gram dijual dengan harga Rp 30.000 dan untuk ukuran kemasan 1 kilogramnya di bandrol dengan harga Rp 290.000.

Harga Ikan Salmon di Hypermart

Ada banyak jenis ikan yang dijual di hypermart dan salah satunya adalah ikan salmon. Ya, karena ikan salmon adalah jenis ikan yang paling banyak di cari oleh masyarakat.

Ikan salmon di hypermart biasanya dijual seharga Rp 280.000 per kg dan Rp 29.000 per gram.

Harga Ikann Salmon di Carrefour

Ikan salmon adalah jenis ikan konsumsi yang di impor dari luar negeri ke Indonesia. Untuk harga di masing-masing tempat tentu akan sangat beragam, salah satunya adalah di supermarket besar carrefour.

Ikan salmon di supermarket carrefour biasanya dijual dengan harga Rp 320,0000 per kilogramnya dan Rp 32.000 untuk kemasan per 100 gram.

Daftar Harga Ikan Salmon Hari ini

Jenis Ikan SalmonSatuanHarga
Ikan Salmon Segar kgRp 250.000
Ikan Salmon Fillet Carrefour kgRp 300.000
Fillet Ikan Salmon Raksasa kgRp 280.000
Ikan Salmon Fillet Hypermart kgRp 290.000
Ikan Salmon Fillet Superindo kgRp 270.000
Ikan Salmon Pasar Tradisional kgRp 220.000 – Rp 250.000

Baca Juga: Harga Ikan Nila

Harga ikan salmon di atas sewaktu-waktu bisa saja berubah-ubah, dan disetiap daerah harga juga berbeda.