Beranda Agribisnis Harga Ikan Louhan: Daftar Harga Semua Jenis Terbaru & Terlengkap

Harga Ikan Louhan: Daftar Harga Semua Jenis Terbaru & Terlengkap

Harga Ikan Louhan: Daftar Harga Semua Jenis Terbaru

Harga Ikan Louhan – Siapa coba yang tak kenal dengan ikan hias air tawar yang satu ini. Ikan louhan memang menjadi primadona sebagai ikan hias akuarium diseluruh dunia. Louhan sangat terkenal karena karakterisitiknya yang sangat menawan. Ikan louhan juga memiliki ciri khas berupa jenong di kepala.

Bagi sebagian orang telah mempercayai kalau memelihara ikan louhan akan memabawa keberuntungan atau hoki bagi sang pemilik. Jika semakin gede ukuran jenong pada louhan, maka akan semakin banyak pula keberuntungannya.

Harga ikan louhan dari dulu sampai sekarang memang relatif stabil dan mahal. Bahkan ada beberapa ikan louhan terjual dengan harga yang sangat fantastis, per ekor ikan louhan harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Jadi kalau kita lihat dari segi bisnis ikan louhan merupakan suatu komoditas yang amat sangat menjanjikan.

Daripada anda semua penasaran tentang ikan louhan ini, terutama mengenai harga jualnya. Maka di kesempatan kali ini catatanbuku akan membahas harga louhan semua jenis yang ada di pasaran. Harga louhan ini disesuaikan berdasarkan jenis ikan louhan. Silahkan anda simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

Ciri-ciri Ikan Louhan

Jika anda membeli ikan louhan dewasa, baik itu hanya untuk dipelihara di akuarium ataupun dibudidayakan, pastikan dulu untuk mengetahui standar ikan louhan. Karena ada juga pedagang-pedagang ikan louhan yang nakal. Berikut adalah ciri-ciri ikan louhan yang memiliki kualitas terbaik.

  • Ikan memiliki warna sisik kuning dan merah cerah.
  • Pada bintik hitam horizontal pada tubuh ikan ada lingkaran hitam dengan memiliki variasi warna perak keemasan metalik.
  • Sirip pada bagian atas dan bawah tubuh ikan louhan seimbang.
  • Pada sirip ekor louhan biasanya melebar dan juga merekah utuh.
  • Lingkaran pada jenong louhan berbentuk proposional.
  • Ikan louhan memiliki warna mata yang tajam dan cerah.

Harga Ikan Louhan dan Jenisnya

Terdapat banyak sekali jenis ikan louhan di dunia ini. Ikan louhan adalah ikan hibrida yang mana dihasilkan dari hasil persilangan jenis-jenis ikan louhan lainnya. Sehingga untuk jenis ikan louhan juga selalu bertambah. Masalah harganya juga sangat bervariasi, baik itu harga ikan louhan dewasa maupun harga ikan louhan anakan. Berikut beberapa jenis ikan louhan yang terkenal di Indonesia:

  • Ikan louhan kamfa.
  • Ikan louhan cencu.
  • Ikan louhan golden base.
  • Ikan louhan golden red.
  • Ikan louhan bonsai.
  • Ikan louhan strom.
  • Ikan louhan kemalau.
  • Ikan louhan rainbow king
  • Ikan louhan SRT (Super Red Texas).
  • Ikan louhan SRS (Super Red Synspilum).
  • Ikan louhan SRD (Super Red Dragon).

1. Ikan Louhan Kamfa

harga ikan louhan kamfa
Harga louhan kamfa. Gambar via Bukalapak.

Jenis ikan louhan yang pertama adalah louhan kamfa. Louhan ini berasal dari negara Thailand tapi sangat populer dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Ikan louhan kamfa memiliki ciri khas yaitu corak warna dominan merah maron dan ada bintik-bintik silver dari ujung kepala sampai ujugn ekor ikan.

Selain itu terdapat juga ciri lainnya yaitu bintik hitam pada tubuh terlihat sangat rapih jika dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya. Selain itu memiliki mata putih yang cenderung lebih cekung.

Harga ikan louhan kamfa dewasa dipasaran biasanya dijual seharga Rp 3.500.000 per ekor. Dan untuk harga ikan louhan kamfa anakan rata-rata dijual pada angka Rp 850.000 per ekor.

2. Ikan Louhan Cencu

Harga ikan louhan cencu
Harga louhan cencu. Gambar via ikanhias-id.blogspot.com

Jenis ikan louhan berikutnya adalah louhan cencu. Louhan cencu memiliki ciri khas bintik-bintik mutiara pada tubuh ikan, jadi ada yang menyebut ikan ini sebagai ikan louhan mutiara.

Ada juga ciri lainnya yaitu memiliki dua warna pada tubuhnya, yaitu warna merah dan warna emas. Dari ujung kepala hingga bagian tengah tubuh ikan berwarna merah, dan pada bagian tengah tubuh sampai ujung ekor memiliki warna kuning keemasan.

Harga jual ikan louhan cencu dewasa sekitaran Rp 750.000 per ekor. Dan untuk harga ikan louhan cencu anakan dijual dengan harga Rp 150.000 per ekor. Tapi untuk haraga yang kualitas super bisa mencapai jutaan rupiah per ekornya.

3. Ikan Louhan Golden Base

Harga ikan louhan golden base terbaru
Harga louhan golden base. Gambar via ecs7.tokopedia.net

Ikan louhan golden base ini memiliki warna merah keemasan serta tidak memiliki pola hitam sedikitpun pada tubuhnya. Kalau dilihat penampakannya agak mirip dengan ikan louhan golden red. Hanya memiliki perbedaan pada bagian warna saja.

Perpaduan antara warna kuning keemasan dengan warna merah di sekujur tubuh ikan membuat ikan yang satu ini sangat kontras dan unik jika dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya.

Masalah harga louhan golden base dewasa lumayan mahal, yaitu Rp 1.800.000 per ekor. Sedangkan untuk harga louhan golden base anakan rata-rata dijual dengan harga Rp 450.000 per ekornya. Tapi jika terdapat corak mutiara pada tubuh louhan ini maka harganya juga semakin tinggi.

4. Ikan Louhan Golden Red

Harga louhan golden red. Gambar via Bahasikan.com

Ikan louhan berikutnya adalah louhan golden red. Ikan louhan golden red adalah jenis ikan louhan termahal di dunia. Meskipun ikan ini berasal dari Thailand, tapi sekarang sudah banyak sekali ditemui di Indonesia.

Ikan louhan golden red dewasa memiliki perpaduan warna merah dan kuning keemasan. Pada saat anakan perpaduan warnanya belum terlihat jelas. Warna pada sisik ikan akan mengalami perubahan dengan seiringnya waktu pertumbuhan ikan louhan golden red.

Harga ikan louhan golden red dewasa biasanya dijual seharga Rp 3.000.000 per ekor. Sedangkan untuk ikan louhan golden red yang sering menang dalam kejuaraan dan bersertifikat bisa mencapai harga belasan juta rupiah per ekor. Tapi untuk harga ikan louhan golden red anakan terbilang murah yaitu Rp 650.000 per ekornya.

5. Ikan Louhan Bonsai

Harga louhan bonsai. Gambar via Youtube

Ikan louhan bonsai ini seperti namanya yaitu memiliki tubuh kecil, bulat, dan pendek. Ciri khas dari louhan ini selain memiliki tubuh yang kecil yaitu memiliki jenong besar dengan warna yang sangat bervariasi. Dengan keunikan dan kelangkaan yang dimiliki ikan louhan bonsai membuat banyak sekali dicari dan harganya juga cukup mahal.

Untuk harga ikan louhan bonsai dewasa biasanya dijual dengan harga Rp 800.000 per ekor. Dan untuk harga yang masih anakan rata-rata dijual dengan harga Rp 250.000 per ekornya. Jika semakin kecil ukuran tubuh ikan ini dan memiliki warna yang unik maka membuat harganya semakin mahal pula.

6. Ikan Louhan Strom

Harga ikan louhan strom
Harga louhan strom. Gambar via daftarikanhias.web.id

Ikan louhan selanjutnya ini mungkin masih awam terdengar oleh anda. Karena memang ikan louhan strom ini hasil dari budidaya oleh para pecinta ikan louhan di Thailand. Tapi dengan seiringnya waktu berjalan mulai banyak yang tertarik pada ikan louhan yang satu ini karena memiliki warna yang sangat indah dan juga menarik.

Ikan louhan strom memiliki ciri khas yaitu tiga corak warna yang berbeda pada tubuh ikan, yaitu warna merah, warna silver dan warna biru. Harga ikan louhan strom dewasa dijual seharga Rp 2.500.000 per ekor. Sedangkan untuk ukuran anakannya dijual seharga Rp 650.000 per ekornya.

7. Ikan Louhan Kemalau

Daftar harga ikan louhan kemalau terbaru

Jenis ikan louhan kemalau ini sangat langka tapi peminatnya sangat banyak. Ikan louhan ini memiliki ciri khas bintik mutiara yang membentang dari ujung kepala hingga ekor.

Kombinasi warna pada tubuh ikan ini juga sangat menarik, yaitu terdiri dari dua bagian tubuh yang memiliki warna beda.

Pada jenong sampai bagian tengah tubuh ikan memiliki warna merah cerah, sedangkan dari bagian tengah tubuh sampai ujung ekor memiliki warna merah muda.

Untuk harga ikan louhan kemalau dewasa dijual seharga Rp 600.00 per ekor. Sedangkan untuk ukuran anakan dijual dengan harga Rp 150.000 per ekornya.

8. Ikan Louhan Rainbow King

Harga louhan rainbow king. Gambar via ikanhiasahmad.blogspot.com

Jenis ikan louhan rainbow king memiliki warna tubuh yang menyerupai pelangi. Ikan ini memiliki ciri khas yang sangat menonjol yaitu perpaduan lima warna berbeda yang ada pada tubuh ikan. Ikan louhan rainbow king ini sangat sering diikutsertakan lomba dan sering juga menjadi juara dalam beberapa kontes ikan louhan Internasional.

Harga ikan louhan rainbow king dewasa biasanya dijual dengan harga Rp 3.000.000 per ekor. Sedangkan untuk harga louhan rainbow king anakan rata-rata dijual seharga Rp 650.000 per ekornya.

9. Ikan Louhan SRT (Super Red Texas)

Harga Ikan Louhan SRT (Super Red Texas)
Harga louhan SRT

Ikan louhan ini berasal dari Thailand. Dan pemberian nama Texas pada ikan ini karena hasil dari persilangan antara ikan louhan jenis texas cichlid abu-abu dengan louhan golden red.

Dari hasil persilangan tersebut membuat ikan louhan super red texal ini mewarisi ciri dari kedua indukannya. Yaitu memiliki warna dasar merah terang dan pola bintik-bintik mutiara dari ujung kepala hingga ekor.

Tapi ada sedikit kekurangan dari jenis ikan louhan yang satu ini, yaitu tidak memiliki jenong besar meskipun ikan sudah dewasa.

Harga ikan louhan super red texas dewasa dijual seharga Rp 2.300.000 per ekor. Dan untuk ukuran anakan dijual dengan harga Rp 600.000 per ekornya.

10. Ikan louhan SRS (Super Red Synspilum)

Harga Ikan louhan SRS (Super Red Synspilum)
Harga louhan SRS

Jenis Ikan louhan SRS (Super Red Synspilum) ini juga berasal dari negeri Thailand. Ciri khas dari ikan louhan ini adalah memiliki kombinasi warna merah sempurna, yaitu merah bata dan warna orange.

Selain dari keindahan warna ikan louhan SRS ini, kebanyakan dari orang yang menyukainya juga karena daya tahan tubuh ikan cukup tinggi terhadap serangan penyakit. Sehingga mampu bertahan hidup lebih lama daripada jenis ikan louhan lainnya.

Harga ikan louhan super red synspillum dewasa dijual biasanya dijual seharga Rp 2.500.000 per ekornya. Dan untuk anakan biasanya dijual dengan harga Rp 400.000.

11. Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Daftar harga Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)
Harga louhan SRD. Gambar via blogikan.com

Jenis ikan louhan yang terakhir ini adalah louhan SRD atau Super Red Dragon. Ikan louhan SRD memiliki ciri khas yaitu dua warna pada tubuh ikan. Dibagian kepala ikan termasuk pada jenongnya memiliki warna merah terang, sedangkan pada bagian tengah tubuh ikan sampai ujung ekor memiliki warna silver kekuningan dengan pola hitam bunga dari kepala hingga ekor.

Untuk masalah harga ikan louhan SRD biasanya tergantung dari ukurannya, dan rata-rata dijual dengan harga Rp 1.500.000 per ekor. Sedangkan untuk ukuran anakan louhan SRD biasanya dijual seharga Rp 400.000 per ekornya.

Daftar Harga Ikan Louhan Terbaru

Jenis Ikan LouhanHarga DewasaHarga Anakan
Ikan Louhan Golden RedRp 3.000.000.Rp 650.000.
Ikan Louhan KamfaRp 3.500.000.Rp 850.000.
Ikan Louhan CencuRp 750.000.Rp 150.000.
Ikan Louhan BonsaiRp 800.000.Rp 250.000.
Ikan Louhan Super Red DragonRp 1.500.000.Rp 400.000.
Ikan Louhan Super Red SynspillumRp 2.500.000.Rp 550.000.
Ikan Louhan Golden BaseRp 1.800.000.Rp 450.000.
Ikan Louhan KemalauRp 600.000.Rp 150.000.
Ikan Louhan Super Red TexasRp 2.300.000.Rp 600.000.
Ikan Louhan StromRp 2.500.000.Rp 650.000.
Ikan Louhan RainbowRp 3.000.000.Rp 650.000.

Daftar harga ikan louhan adalah harga berbagai jenis ikan louhan dan merupakan informasi terbaru serta terlengkap.

Itulah ulasan lengkap tentang jenis dan harga harga ikan louhan terbaru berbagai jenis yang kami ambil dan rangkum dari berbagai sumber seperti harga ikan louhan di pasaran dan dari toko-toko online.