Beranda Agribisnis Daftar Harga Ikan Gabus Per Kg dan Per ekor

Daftar Harga Ikan Gabus Per Kg dan Per ekor

Daftar Harga Ikan Gabus Per Kg dan Per ekor
Harga ikan gabus

Harga Ikan Gabus – Jika dibandingkan dengan ikan lele, mujair, atau gurame mungkin ikan gabus kalah populer. Tapi ikan air tawar yang satu ini tidak kalah enak rasanya. Selain enak, ikan gabus juga banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, ikan gabus juga tinggi protein. Tapi sayangnya harga ikan gabus di pasaran tidak menentu dan bisa dikatakan cukup mahal.

Ikan gabus adalah jenis ikan predator air tawar, ikan gabus dikenal memiliki banyak nama di berbagai daerah. Seperti contoh di daerah sunda memiliki nama bogo, di banyumas memiliki nama bayong, bogo, lincingan dan masih banyak nama lain dari ikan gabus ini.

Ternyata dalam bahasa inggris juga memiliki benerapa sebutan nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Sementara, nama ilmiahnya adalah Channa striata.

Kalau di daerah Kalimantan ikan gabus bisa ditemukan di rawa yang biasanya terdapat di pedesaan. Ikan gabus dengan mudah bisa di dapati di perairan dangkal, bukan hanya di Kalimantan saja. Ikan gabus juga bisa kita jumpai di Sumatera dan Jawa. Tapi dengan seiringnya waktu berjalan, ikan gabus sekarang sudah memasuki daerah Indonesia bagian Timur.

Ciri-Ciri Ikan Gabus

Ikan gabus mampu hidup di perairan dengan karakteristik kadar asam pH 7 hingga pH 8 dan kedalaman mencapai 1-2 meter. Sedangkan untuk suhu optimum bagi ikan gabus berkisaran 23 sampai 27 derajat celcius. Ikan gabus juga bisa hidup pada tingkat oksigen terlarut yang cukup rendah dan CO2 lumayan tinggi.

Ikan gabus jantan memiliki bentuk kepala lebih cenderung oval, sedangkan untuk jenis betinanya lebih bulat. Ikan gabus betina warnanya lebih gelap. Jadi untuk bisa membedakan ikan gabus jantan atau betina membutuhkan pencahayaan yang merata pada keduanya.

Perbadaan berikutnya terletak pada telur ikan gabus. Ikan gabus betina akan mengeluarkan tekur apabipa perutnya di urut dan untuk gabus jantan maka sebaliknya. Selain itu ikan gabus betina memiliki perut lebih besar karena memang untuk tempat menampung telur.

Meskipun ikan gabus kalah populer dengan jenis ikan salmon dan tuna, ternyata ikan gabus memiliki kandungan gizi lebih tinggi. Ikan gabus memiliki kandungan protein sebabyak 25.5 persen, ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan bandeng yang hanya sampai 20.0 persen.

Selain itu ikan gabus juga kaya akan kandungan Albumin, yaitu jenis protein utama dalam darah yang diproduksi oleh tubuh. Zat ini sangat berperan dalam membantu mempertahankan tekanan osmotik koloid darah.

Manfaat Ikan Gabus

  1. Ikan gabus memiliki kandungan protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadara protein ikan lele. Dengan memiliki protein tersebut maka dapat membantu anda dalam proses pembentukan otot pada tubuh.
  2. Ikan gabus juga dapat memperbaiki gizi buruk yang biasanya kerap dialami oleh bayi, balita, anak maupun ibu hamil. Dalam 100 gram ikan gabus saja sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama pada bayi.
  3. Ikan gabus ini memiliki struktur daging lebih empuk, sehingga kamu tidak perku mengkhawatirkan masalah pencernaan. Ini karena ikan gabus mempunyai protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan dengan protein yang ada pada daging.
  4. Zat albumin pada ikan gabus juga dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jika cairan dalam tubuh berkurang maka protein yang masuk kedalam tubuh akan pecah sehingga tidak bisa berfungsi secara normal.

Dengan memiliki banyak manfaat dari ikan gabus, maka tidak ada salahnya mulai sekarang mengkonsumsi ikan gabus. Sekarang sudah tidak sulit lagi untuk mencari ikan gabus karena sudah banyak dijual dipasaran secara bebas. Tapi jika kita bandingkan dengan jenis ikan tawar lainnya seperti lele, harga ikan gabus lebih cenderung mahal . Berikut kami bagikan tabel harga ikan gabus terlengkap.

Baca Juga: Cara budiaya ikan lele sampai panen

Harga Ikab Gabus Terbaru

Jumlah Ikan GabusHarga
Ikan gabus per ekorRp15.000 – Rp32.500
Ikan gabus per kgRp70.000 – Rp170.000
Ikan gabus 2 kgRp300.000

Baca Juga: Harga bibit ikan lele

Itulah informasi tentang daftar harga ikan gabus terbaru. Untuk harga disetiap daerah tentu bisa berbeda-bea dan setiap bulannya juga bisa berubah-ubah.