Beranda Bisnis Harga Bawang Dayak

Harga Bawang Dayak

Harga Bawang Dayak

Harga Bawang Dayak – Apakah anda sudah tahu mengenai bawang dayak? Bawang dayak atau bawang sabrang adalah salah satu varietes bawang yang berasal dari benua Amerika.

Kalau di Indonesia sendiri bawang dayak ini banyak ditemukan di daerah Kalimantan. Bawang jenis ini tadinya belum banyak yang mengetahui manfaatnya.

Tapi sekarang ini sekarang ini sudah banyak yang meriset dan juga penelitian mengenai manfaat dari bawang dayak ini.

Manfaat Bawang Dayak

Dipasaran harga bawang jenis ini memiliki harga cukup tinggi. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari manfaat yang cukup baik bagi tubuh kita.

Yang menggunakan bawang dayak ini sudah banyak sekali yang menggunakan untuk pengobatan herbal ataupun sebagai campuran bahan untuk meracik obat tradisional.

Berikut adalah manfaat bawang dayak:

1. Untuk mengobati flue

Pada musim pancaroba seperti sekarang ini, jika tubuh kita tidak memiliki sistem imun yang baik, maka kita akan sangat mudah terkena penyakit flue.

Nah masyarakat suku dayak punya cara sendiri untuk mengatasi masalah flue ini, yaitu dengan menggunakan bawang dayak.

Ternyata setelah diteliti, bawang dayak ini memiliki sifat anti bakteri yang mana mampu untuk memerangi bakteri penyebab flue.

2. Untuk mengobati radang

Nah jika anda mengalami gangguan peradangan baik itu ditenggorokan, usus maupun di lambung. Maka anda dapat mencoba mengobatinya menggunakan bawang dayak ini.

Selain alami, bawang dayak ini juga sudah dipercaya mampu untuk mengobati peradangan di tenggorokan, usus, serta lambung anda.

3. Untuk mengobati asam urat

Asam urat ini sangatlah sering di alami oleh orang yang usianya sudah lanjut. Jenis penyakit asam urat bisa membuat para penderita sulit untuk melakukan aktifitas sehari-hari, ini dikarenakan rasa sangat nyeri pada sendi.

Tapi tenang, anda bisa mengatasinya dengan mencelupkan bagian tubuh anda yang lagi terasa nyeri kedalam air rebusan bawang dayak.

4. Untuk mengobati batuk

Manfaat dari bawang dayak selanjutnya adalah untuk mengobati batuk. Karena bawang dayak ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam penyakit pada sistem pernapasan seperti batuk.

Pada saat batuk biasanya terdapat banyak lendir atau riak yang ada pada tenggorokan kita.

Dengan mengkonsumsi bawang dayak ini maka lendir atau riak yang ada di tenggorokan akan bisa dikeluarkan.

5. Untuk mengobati penyakit diabetes

Para dokter juga menganjurkan untuk mengkonsumsi bawang dayak bagi penderita diabetes sebagai pengobatan alternatif.

Bawang dayak ini memiliki kandungan gilkosida yang sudah diketahui sangat berguna bagi penderita diabetes. Gilkosida ini sendiri berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah dalam tubuh.

6. Untuk melancarkan peredaran darah

Seperti yang sudah disinggung tadi bahwa bawang merah memiliki kandungan gilkosida yang sudah dipercaya oleh para ahli mampu untuk melancarkan peredaran darah.

Hal tersebut sudah diuji dengan riset dan juga penelitian oleh para ahli diseluruh dunia, dan ini menjadi salah satu kemajuan ilmu pengetahuan dalam bidang medis.

7. Menjaga kesehatan organ reproduksi wanita

Bawang dayak ini sudah dipercaya dan digunakan secara turun temurun sebagai obat tradisional oleh masyarakat khususnya di Kalimantan.

Dan bawang dayak ini dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan organ reproduksi pada wanita.

Bawang dayak ini mampu untuk mengobati berbagai gangguan pada organ reproduksi seperti keputihan, meredakan nyeri pada saat haid, serta memperlancar haid.

8. Untuk menguatkan sistem imun dalam tubuh

Kandungan vitamin C dan dan antioksidan yang tinggi berguna sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga membuat sistem imun dalam tubuh akan meningkat dan anda tidak akan mudah terkena serangan penyakit.

Harga Bawang Dayak Terbaru

Untuk harga bawang dayak dipasaran terbilang cukup tinggi, bahkan untuk sekarang ini mencapai Rp 80.000 per kg. Dengan banyaknya permintaan pasar dan juga manfaat bawang dayak yang sudah menyebar luas di masyarakat maka ini menjadi faktor utama tingginya harga bawang dayak. Sementara itu bawang dayak ini hanya bisa tumbuh di dataran tinggi sehingga membuat ketersediaan stok bawang dayak ini menjadi sangat terbatas.

Daftar Harga Bawang Dayak Per Kg

ProdukSatuanHarga
Bawang Dayak Segar (Grade Super)1 Kg60000
Bawang Dayak Rajang Kering1 Kg135000
Bawang Dayak Bubuk500 Gram125000

Demikianlah informasi tentang daftar harga bawang dayak per kg untuk hari ini. Daftar harga bawang ini untuk disetiap daerah bisa saja berbeda-beda, dan begitu juga untuk setiap bulannya juga dapat berubah-ubah.