Beranda Agribisnis Daftar Harga Singkong Per Kg di Pasaran Saat Ini

Daftar Harga Singkong Per Kg di Pasaran Saat Ini

Daftar Harga Singkong Per Kg di Pasaran Saat Ini

Harga Singkong – Sudah dari jaman dahulu kala singkong menjadi salah satu tanaman pangan di Indonesia selain padi. Singkong adalah bahan pangan yang lumayan penting, karena memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. Singkong juga mengandung beberapa senyawa bioktif yang sudah dipercaya bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Singkong adalah tanaman terbaik yang bisa mengubah energi matahari menjadi karbohidrat larut. Dalam tepung, 1 kg singkong bisa menghasilkan hingga 3750 kkal. Gizi yang tergantung dalam singkong memiliki nilai setara dengan kentang.

Selain itu, singkong itu bisa diolah menjadi berbagai makanan dan memiliki nilai jual tinggi pada saat sudah di olah. Singkong juga bisa di olah menjadi tepung tapioka yang nanti bisa digunakan untuk keperluan produksi makanan ringan seperti kue, puding dan bahan pengental.

Daftar Harga Singkong Per Kg

WilayahHarga
BaliRp800 per kg
BandungRp1.800 per kg
JakartaRp1.800 per kg
Kalimantan TimurRp800 per kg
MakassarRp800 per kg
MedanRp800 per kg
BangkaRp750 per kg
BatamRp750 per kg
BogorRp1.750 per kg
BondowosoRp1.450 per kg
CianjurRp1.550 per kg
CirebonRp1.350 per kg
Gunung KidulRp950 per kg
Jawa TimurRp1.750 per kg
Jawa BaratRp1.750 per kg
Jawa TengahRp1.650 per kg
JemberRp1.950 per kg
KediriRp1.250 per kg
MagelangRp750 per kg
MalangRp1.400 per kg
PatiRp750 per kg
RiauRp750 per kg
SemarangRp750 per kg
SoloRp750 per kg
SurabayaRp1.750 per kg
TasikmalayaRp750 per kg
WonosoboRp750 per kg
BanyumasRp650 per kg
GarutRp650 per kg
YogyakartaRp650 per kg
LampungRp1.350 per kg
SukabumiRp650 per kg

Baca Juga: Harga Kentang

Manfaat Singkong untuk Kesehatan

Singkong termasuk dalam jenis umbi-umbian yang dipercaya memiliki beragam manfaat meski dalam kaitannya terhadap dunia kesehatan masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa membuktikannya. Namun selama ini singkong sudah dipercaya mampu membantu mengatasi kelelahan, spesis, dehidrasi karena diare.

Singkong sudah di klaim memiliki manfaat untuk dijadikan sebagai menu diet bagi para penderita diabetes. Jenis umbi-umbian seperti singkong dan kawan-kawannya juga sudah dikenal memiliki kandungan vitamin C dan beta-karoten. Seperti yang kita ketahui, vitamin C itu sangat berguna untuk melindungi sistem imunitas tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, hingga mengatasi masalah kerutan pada kulit.

Meski dikenal memiliki sejuta manfaat, kita juga harus tetap mewaspadai beberapa fakta terhadap singkong seperti kandungan senyawa racun alami yang bernama glikosida sianogenik linamarin dan metil-linamarin. Oleh karena itu, mengkonsumsi singkong masih dalam keadaan mentah bisa menyebabkan risiko seperti mual, muntah, sakit perut pusing sampi kematian. Karena memang ada beberapa jenis singkong yang memiliki kadar racun cukup tinggi.

Demikianlah informasi daftar harga singkong yang kami dapatkan dari berbagai sumber di internet. Harga singkong terkini di pasaran bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya. Selain itu harga singkong dari satu tempat dengan tempat yang lain juga bisa berbeda-beda.