Beranda Bisnis Biaya Pembuatan Kolam Renang Mini

Biaya Pembuatan Kolam Renang Mini

Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Biaya Pembuatan Kolam Renang

Biaya Pembuatan Kolam Renang Mini. Memiliki kolam renang di rumah adalah impian banyak orang. Sudah terbayang bukan betapa menyenangkannya bisa bersantai dan berekreasi di kolam renang pribadi tanpa harus pergi ke mana-mana, terutama di situasi COVID-19 yang membuat kita tak bisa leluasa bepergian.

Biaya Pembuatan Kolam Renang

Meskipun ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memulai pembangunan kolam renang di rumah Anda, hal pertama yang terlintas dalam pikiran Anda pasti adalah “berapa ya kira-kira biayanya?”.

Sebenarnya, seperti pembangunan rumah atau bangunan lainnya, ada bayak faktor yang harus dipertimbangkan saat menghitung perkiraan biaya pembuatan kolam renang.
Harga bahan-bahan, ongkos pekerja, dan material yang digunakan ternyata bukan satu-satunya hal yang harus masuk perhitungan biaya membuat kolam renang.

Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Biaya Pembuatan Kolam Renang

Nah, untuk mempermudah Anda dalam menghitung perkiraan biaya yang nantinya harus Anda siapkan saat akan membangun kolam renang, kita simak dulu yuk apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi biaya kolam renang Anda.

1. Ukuran Kolam

Ukuran kolam renang pastilah memiliki pengaruh besar untuk biaya buat kolam renang yang harus Anda keluarkan. Biaya kolam renang mini tentu akan membutuhkan biaya yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan bila Anda memutuskan untuk membangun kolam renang berukuran olympic, misalnya.

Baca juga: Desain Kolam Renang

Hal ini dikarenakan saat ukuran kolam renang meningkat, demikian pula biaya bahan tambahan yang dibutuhkan untuk membangun kolam dan pekerjaan di lokasi. Biaya pemindahan tanah dan penggalian untuk membangun kolam di halaman belakang Anda pun akan meningkat. Untuk amannya, sediakan tambahan dana sebesar minimal 30% dari total anggaran semula saat Anda berencana untuk menambah ukuran kolam.

2. Lokasi Kolam Renang

Jika Anda memiliki halaman depan dan belakang yang cukup luas, coba pertimbangkan di mana kira-kira Anda ingin membangun kolam renang yang Anda inginkan.

Biaya Pembuatan Kolam Renang Mini

Pilihlah lokasi yang sudah bebas dari pepohonan besar, agar pembangunan kolam bisa segera dilakukan. Selain itu, pertimbangkan juga view yang ingin Anda lihat saat sedang bersantai di sekitar swimming pool. Anda tidak mau bukan, bila kolam renang menghadap ke balkon tetangga, misalnya? Nah, itulah sebabnya penting untuk mempelajari dengan matang lokasi yang paling tepat dan strategis untuk kolam renang Anda.

3. Akses ke Halaman Belakang Anda

Pemasangan kolam renang di rumah Anda sebenarnya bukanlah pekerjaan yang sulit bagi para ahli di bidangnya jika mereka dapat membawa mesin dan peralatan ke lokasi pembuatan kolam renang dengan mudah.

Misalnya saja, halaman belakang Anda cukup luas, tapi akses ke sana hanya sebuah pintu berukuran lebar 1 meter. Tentu akan sulit bagi pekerja untuk membawa peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan.

Lain halnya bila halaman belakang Anda memiliki pintu lebar, dengan begitu para pekerja pun akan dengan leluasa bisa lalu-lalang sambi membawa peralatan yang mereka butuhkan.
Sebenarnya faktor ini tidak secara langsung meningkatkan cost pembuatan kolam. Tapi, mungkin bila diperlukan pintu rumah Anda yang jadi akses ke halaman belakang harus diganti terlebih dahulu dengan pintu yang lebih besar.

4. Kondisi Tanah

Jika halaman belakang rumah Anda memiliki kondisi tanah yang lunak dan terlalu gembur, maka bisa dipastikan Anda harus mengeluarkan biaya tambahan karena ada proses yang harus dilakukan sebelum tanah itu bisa digunakan untuk pondasi pembuatan kolam renang. Coba berikan keterangan sejelas-jelasnya pada pembuat kolam renang di rumah Anda, agar mereka bisa segera melakukan proses yang diperlukan.

5. Sistem Sirkulasi & Pembersihan

Salah satu keputusan paling penting yang harus diambil ketika memutuskan untuk membuat kolam renang di halaman belakang Anda adalah sistem sirkulasinya. Sistem sirkulasi ini akan menentukan bagaimana Anda akan merawat air di kolam Anda. Sistem sirkulasi yang paling umum digunakan untuk kolam renang adalah sistem skimmer. Sistem ini tidak hanya membutuhkan daya lebih besar, tetapi juga membutuhkan bahan kimia tambahan dan perawatan ekstra.

Hal ini dikarenakan sistem ini hanya bekerja pada lapisan atas kolam tanpa efek mendalam. Dengan demikian, lapisan bawah menjadi kotor dengan kotoran, bakteri, dan jamur. Nah kalau sudah begitu, maka air kolam bisa menjadi tidak sehat untuk digunakan berenang.

Di sisi lain, ada sistem canggih yang dapat menghilangkan semua kerja keras yang perlu dilakukan dalam pembersihan kolam. Sistem itu tidak hanya membersihkan kolam, tetapi juga mencegah pertumbuhan bakteri dan ganggang di kolam. Dengan demikian, kolam tetap bersih.

Meskipun sistem canggih ini akan membutuhkan investasi awal yang cukup besar, tetapi mereka akan menghemat banyak waktu dan uang dalam jangka panjang.

Nah, dari semua sistem sirkulasi dan pembersihan yang ada, pelajari baik-baik plus minusnya agar Anda bisa menentukan sistem mana yang paling tepat untuk digunakan di kolam renang Anda.

6. Kualitas Lantai yang Digunakan

Banyak orang berpikir bahwa semua kolam memiliki jenis lantai yang sama. Namun, pada kenyataannya, ada perbedaan besar antara masing-masing jenis lantai kolam renang. Maka ada baiknya anda memilih jenis lantai yang sesuai dengan budget biaya bikin kolam renang yang Anda canangkan.

7. Finishing

Faktor lain yang menambah keseluruhan biaya proyek adalah penyelesaian yang Anda putuskan untuk kolam renang Anda. Hasil akhir yang paling murah adalah beton yang ditutup dengan keramik. Anda juga tentu dapat memilih untuk hasil akhir lainnya, tetapi perlu diingat bahwa ini akan menambah biaya kolam renang.

Pada akhirnya, finishing akan tergantung pada selera, estetika dan penampilan yang ingin Anda berikan pada kolam renang Anda. Semakin banyak keinginan Anda, berarti semakin banyak juga uang yang akan Anda keluarkan. Atau misalnya Anda ingin memiliki konsep kolam renang sederhana, maka biaya pembuatan kolam renang minimalis itu tentu akan cukup menghemat anggaran.

8. Biaya Fitur Tambahan

Ada berbagai macam aksesori kolam tambahan yang dapat ditambahkan ke pembuatan kolam renang Anda, mulai dari heater, hingga lampu LED yang dapat membuat suasana di kolam renang Anda menjadi lebih indah. Seluruh opsi tersebut tentu bisa Anda pilih sesuai selera, yang berarti semakin banyak fitur yang Anda inginkan di kolam renang Anda, semakin tinggi pula biayanya.

Meskipun ada beberapa hal yang wajib ada untuk membuat fungsi kolam renang Anda menjadi berjalan lancar, seperti cleaning system, Anda dapat mengurangi biaya keseluruhan dengan mengurangi jumlah fitur tambahan dan aksesori yang akan dipasang di kolam Anda, karena toh fitur-fitur tambahan tersebut dapat Anda pasang menyusul di kemudian hari.

9. Pagar Pembatas

Biaya tambahan lain harus Anda pertimbangkan ke dalam estimasi biaya pembuatan kolam renang adalah adalah biaya pagar pembatas. Sangatlah penting untuk memiliki pagar pembatas di sekitar kolam renang Anda terutama ketika Anda memiliki anak kecil di rumah.

Pagar pembatas dapat menjadi penghalang antara anak-anak dan kolam renang, dan dapat mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan. Model pembatas dan tingginya tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Jadi, bila Anda memiliki anak yang masih kecil, jangan lupa memasukkan faktor ini ke dalam perhitungan biaya,ya!

10. Kualitas Konstruksi

Ada dua hal yangn termasuk ke dalam kualitas konstruksi, yaitu bahan material yang digunakan dalam konstruksi kolam renang dan tingkat pengerjaan untuk membuat kolam renang yang berkualitas baik.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih perusahaan jasa pembuatan kolam renang yang profesional dan sudah memiliki reputasi yang baik.

Biasanya memang perusahaan seperti itu memiliki tarif jasa yang cukup tinggi. Tetapi, hasilnya tentu akan sepadan dengan harga yang harus dibayarkan. Apalagi, Anda tentu tak ingin kolam renang yang baru dibangun mengalami kerusakan dan masalah yang tidak diinginkan, bukan?

Selain itu, perusahaan yang sudah bonafid biasanya memberikan garansi yang cukup lama. Jadi Anda tidak perlu membayar biaya perbaikan yang besar bila terjadi kerusakan.

Menyewa Jasa Ahli Kolam Renang

Bila Anda sama sekali tak mengerti tentang pembuatan kolam renang, mulai dari konsep hingga perhitungannya, maka cara terbaik untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang berapa kira-kira estimasi biaya pembuatan kolam renang adalah dengan menyewa jasa ahli pembuat kolam renang atau kontraktor kolam renang.

Biasanya mereka akan berkunjung ke rumah Anda untuk meihat lokasi dan memberikan penilaiannya, di mana lokasi terbaik untuk dijadikan kolam renang. Selain itu, biasanya mereka juga akan menanyakan kepada Anda konsep kolam renang seperti apa yang Anda inginkan, dan memberikan opsi-sopsi perlengkapan kolam serta finishing yang bisa Anda pilih.

Baca juga: Gambar kerja kolam renang

Biaya Perawatan Kolam

Jika Anda mendatangkan ahli pembuatan kolam renang untuk mengerjakan pembangunan kolam, jangan lupa juga untuk memasukkan biaya perawatan kolam ke dalam rencana anggaran Anda.

Setiap kolam renang, baik sering digunakan ataupun tidak akan membutuhkan perawatan rutin untuk membersihkan puing-puing, pengujian keseimbangan pH, pembersihan, skimming, penyedotan debu, deteksi kebocoran, pemeliharaan pemanas, memantau ketinggian air dll. Semua ini juga harus ditambahkan ke keseluruhan biaya kolam saat Anda membuat perkiraan kasar berapa biaya pembuatan kolam renang.

Simulasi perhitungan biaya pembuatan kolam renang

Simulasi perhitungan biaya pembuatan kolam renang

Agar Anda memiliki gambaran bagaimana caranya melakukan perhitungan biaya Pembuatan Kolam Renang, mari kita sama-sama menghitung biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan kolam renang dengan ukuran 4×5 meter, dengan kedalaman 1,5 meter.

Biaya konstruksi pembuatan kolam renang biasanya dihitung per meter kubik. Jika diasumsikan harga pembangunan kolam adalah Rp 4 juta/meter kubik, maka dapat dilakukan penghitungan sebagai berikut:

(4 x 5 x 1,5 ) x 4 juta= Rp 120 juta

Biaya tersebut baru biaya pembuatannya saja, dan belum termasuk peralatan seperti pompa, filter, vacuum, tank, dll. Pastikan Anda memilih mesin-mesin dan peralatan yang memiliki kualitas bagus. Jangan tergiur harga murah tapi akhirnya malah menyesal karena alatnya cepat rusak, karena bila pompa, filter, atau vacuum bermasalah, hal ini bisa berpengaruh ke kolam renang Anda. Sayang bukan bila kolam renang yang baru Anda buat tidak bisa berfungsi dengan maksimal?

Selain itu, Anda juga harus memperhitungan biaya pengisian air. Anda bisa membelinya di agen PDAM terdekat, atau mengangkutnya dari sumber air yang melimpah dengan biaya akomodasi tetap dibebankan pada Anda.

Nah, bagaimana informasi yang tadi telah dibahas di atas? Semoga bisa membantu Anda yang saat ini berencana untuk membangun kolam renang. Ingat, selalu pastikan memasukkan faktor-faktor yang telah disebutkan tadi saat akan menghitung biaya pembuatan kolam renang, agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Selamat membangun kolam renang!